Khasiat Daun Singkong

 

Daun singkong berasal dari tanaman singkong. Dalam Bahasa jawa daun singkong ini disebut dengan godong boled yang sering dijadikan sayuran ataupun bahan bahan makanan seperti krawu dan lain – lain. Khasiat dari daun singkong ini juga sangat bagus bagi tubuh bahkan juga untuk kecantikan, banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi daun singkong ini. Bukan hanya daun singkongnya yan g memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita, namun juga untuk umbinya yaitu singkongnya., rasa dari umbi singkong sangat enak bahkan biasanya umbi singkong ini dijadikan sebagai camilan seperti keripik, sawut, singkong goreng, dan masih banyak lagi.

Untuk kebutuhan kesehatan, daun singkong ini memiliki zat besi yang bermanfaat untuk mengobati anemia dan tekanan darah rendah,. Sedangkan untuk kebutuhan kecantikan daun singkong ini memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi halus, tiak bersisik bahkan bagi kulit kering, daun singkong ini sedikit bisa membantu melembabkan kulit. Apalagi jika disantap hanya dengan cara di rebus dan tidak ditambah bahan apapun seperti bumbu – bumbu atau yang lainnya, maka daun singkong manfaatnya akan lebih terasa lagi.

Mulai dari daun singkong hingga umbinya sangat digemari oleh semua usia. Bahkan olahannya seringkali dijadikan santapan utama dan makanan wajib ada. Rasa yang khas, nikmat, enak, lezat membuatnya semakin digemari. Selain itu, di Indonesia tidak sulit untuk mencari tanaman singkong ini, harganya murah namun tetap lezat untuk disantap. Selin untuk dimasak, pada umumnya daun singkong ini sering dijadikian untuk bahan makan ternak. Sayangnya, tak semua daun singkong bisa di konsumsi oleh kita, seperti daun singkong yang beraal dari tanaman singkong tahun.

Semua jenis daun daunan yang dapat di konsumsi pasti memiliki kandungan gizi dan nutrisi. Dari berbagai sumber, gizi dari daun singkong sangatlah banyak dan pastinya bermanfaat bagi tubuh. Seperti di dalam 100 gr dari daun singkong, terdapat begitu banyalk nutrisi seperti 73 kkal kalori, 7 gram protein nabati, 15 gram karbohidrat, 3 miligram zat besi, 1 gram lemak nabati, 170 miligram kalsium, 50 miligram fosfor, 10.000 IU vitamin A, 0,2 gram vitamin B1, dan 200 miligram vitamin C. tampak dari nutrisi – nutrisi yang dipamparkan di atas, sangat jelas bahwa khasiat dari daun singkong memang benar adanya. Baik itu untuk kesehatan maupun juga untuk kecantikan.

Terdapat banyak khasiat dan manfaat daun singkong bagi kesehatan diantaranya seperti untuk mengobati hipotensi, mencegah darah tinggi, mengatasi untuk yang susah bab, meningkatkan nafsu makan, untuk memperbaiki sistim imunitas yang rusak, menghilangkan nyeri, baikl untuk program diet, membuat badan menjadi lebih segar bugar, mengatasi meriang, mencegah gangguan jantung, mengatasi gangguan paru-paru, membuat tidur menjadi nyenyak, menghilangkan asam lambung, mencegah penyakit maag, membantu penyerapan gizi, mengatasi panas dalam, mencegah sariawan, mengobati gangguan saluran cerna, menyehatkan usus, dan menghilangkan rasa mual.

Sedangkan manfaat daun singkong untuk kecantikan juga sangat banyak. Diantaranya daun singkong ini dapat menghaluskan kulit, mencerahkan wajah, melembabkan kulit, meluruhkan lemak, untuk mengatasi bibir pecah – pecah, menghilangkan bekas luka, mencegah jerawat, mengobati jerawat, mengatasi flek hitam, mencegah penuaan dini, meremajakan kulit, membantu regenerasi sel kulit, membuat kulit berwarna segar, menghindari kulit pucat, menyamarkan garis penuaan, mencegah bau badan,  membuat badan langsing, membuat mata menjadi indah, untuk menghilangkan bau mulut, dan untuk mencegah kulit kering.

 

For More Information

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCSbDKdHxMMsEu3Z_JL3LJ6A

Blogspot : http://agendendengsayurmalang.blogspot.com/

Facebook : https://www.facebook.com/Agen-Dendeng-Sayur-Malang-1950080895053106/?modal=admin_todo_tour

Instagram : https://www.instagram.com/nyemil.vsnack/

WordPress : https://jualdendengsayur.wordpress.com/

Slideshare : https://www.slideshare.net/NoveliaP1/agen-dendeng-sayur-malang-089624447078-118552350

Leave a comment